Categories
Front End Program

Rembug Desa

Rembug Desa is Underconstruction

Categories
Back End Program

Pembekalan KKN

Tidak terasa mahasiswa Unsil angkatan 2010 sudah sampai di masa KKN. Rupanya waktu 2,5 tahun saja tidak terasa, apalagi waktu 1,5 tahun yang tersisa tentu akan lebih terasa cepat. Jadi, jangan terlalu banyak merasa-rasa saja lah. Wah rupanya sudah mulai keluar dari judul, penonton kecewa..
Langsung saja. Ceritanya gini, kemarin tanggal 29 Januari 2012 merupakan hari Pembekalan KKN untuk kelompok Daya Beli. Acaranya seperti apa? Tentu saja, walaupun namanya Pembekalan KKN dan mengandung unsur pembekalan namun tidak seperti yang dibayangkan – dibagi angpao -.  Dalam acara tersebut para mahasiswa peserta KKN diberikan hal-hal yang lebih bernilai dari pada uang, apakah itu? Ya, ilmu. Seperti kata pepatah, investasi terbesar adalah pendidikan (baca: ilmu).
Sebelum sampai pada sesi pemberian materi, para mahasiswa diberi beberapa wejangan dari Rektor Universitas Siliwangi dan Bupati Tasikmalaya melalui sambutannya. Ada satu hal yang menarik dari dua orang luar biasa tersebut menurut pendapat saya, yaitu keduanya memiliki kesamaan dalam hal usia tidak menjadi jaminan. Maksudnya, antara Pak Rektor dan Pak Bupati itu sama-sama masih muda, namun yang dipimpinnya masih banyak yang sudah melebihi usianya. Apa artinya? Bukan apa-apa, tapi itulah yang dimaksud “yang muda yang memimpin” . Apa hubungannya dengan mahasiswa? Ya ada lah hubungannya, nanti pada saat KKN mahasiswa akan tampil di depan warga yang notabene nya lebih dewasa,lebih bijak, dan lebih banyak makan asam garam kehidupan. Jadi, giliran kita selanjutnya yang akan melewati “yang muda yang memimpin, yang muda yang berkarya, dsb yang muda-muda”. 

Beberapa wejangan yang ditekankan oleh Pak Bupati di antaranya :
  1. Tekankan Gotong Royong pada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Tasikmalaya
  2. Tekankan Cinta Tanah Air, dan
  3. Tebarkan kasih sayang kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Tasikmalaya 
Kurang lebih itu yang jadi wejangan Pak Bupati Tasikmalaya. 😀

Kegiatan yang berlangsung hingga sore itu rupanya membuat mahasiswa yang mengikutinya antusias dan semangat untuk segera bergerak membantu warga yang membutuhkan. 😀
Betapa tidak, program-program pemerintah, pengenalan KKN dan pengenalan daerah yang disampaikan para pemateri sebagian besar merupakan ilmu yang belum didapat di bangku perkuliahan, dan memang tidak akan ditemukan di bangku perkuliahan terutama bagi program studi yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintahan dan kemasyarakatan.
  
Ada sebuah fakta yang mencengangkan mengenai jumlah penduduk negeri ini. Jika kita membandingkan jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya dengan Brunei Darussalam saja maka hasilnya jauh lebih besar Kabupaten Tasikmalaya, yaitu 1,7 : 0,6 juta orang. Jadi kalau pun penduduk Brunei dikalikan 2 maka hasilnya masih tetap lebih banyak penduduk di Kabupaten Tasikmalaya. Bagaimana jika digabungkan seluruh Indonesia? 😀
Informasi lain yang membuat saya melongo  bingung adalah katanya penduduk Pulau Jawa dihuni oleh 53% seluruh warga Indonesia. Mungkin inilah salah satu penyebab tidak optimalnya pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia. Semuanya terfokus di pulau Jawa, sementara di daerah perbatasan masih kurang pengawasan dan perhatian yang menyebabkan kurangnya pengolahan dan pemanfaatan SDA Indonesia. Dengan kata lain, luasnya wilayah Indonesia itu belum dimanfaatkan secara optimal, karena dilihat dari luas penduduknya terfokus di pulau Jawa. Bagaimana kalau kita bandingkan antara luas wilayah Indonesia dengan luas wilayah negara-negara Eropa yang sudah maju. Hasilnya sudah bisa ditebak, ya, masih lebih luas wilayah Indonesia. Ini ada screenshootnya. 😀
 
Jika ditarik garis petak dari Sabang samapai Merauke kemudian petak tersebut kita timpahkan ke Benua Eropa maka negara-negara yang keseluruhan wilayahnya terangkul masuk ke dalam petak tersebut meliputi Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Ceko, Austria, Slovakia, Ukraina, Moldova, Romania, Kroasia, Yogoslavia, Plandia, Belarusia, Latvia, Lituania, Islandia, sebagian Italia, dan negara-negara yang hanya sebagian wilayahnya yang masuk adalah Italia, Spanyol, Swedia, Estonia, Bulgaria, Norwegia, dan Rusia. WOW. Begitu besarnya negeri ini! 😀
Kemudian coba perhatikan petakan Indonesia lainnya yang disimpan di wilayah United States of America (USA), masih bisa diadu kan? hehe..
Rupanya sudah cukup untuk pstingan kali ini, kalau merasa belum cukup silahkan diisi komentarnya ya. Jangan jadi silent reader ya? hehe
Salam Kreatif!
 
Categories
Desa Cikalong

Desa Cikalong

Desa Cikalong is Underconstruction

Categories
Tak Berkategori

Aturan Main TTS

Hallo Sobat! Langsung aja ya, ini ada beberapa informasi mengenai pengisian TTS di Blog ini, silahkan dibaca aja dan kalau ada kritik dan saran silahkan di kolom komentar ya. 😀

ATURAN MAIN TTS

1. Cara Memulai

  • Klik menu “TTS”
  • Masuk ke sub menu “Main TTS”
  • Pilih TTS yang tersedia.

2. Cara Pengisian

  • Klik di gambar petak TTS yang ingin dijawab, sehingga muncul kolom untuk memasukkan jawaban disebelah kanan.
  • Masukkan jawabannya
  • Klik OK jika selesai menjawab, klik cancel jika batal menjawab
  • Setelah semua petak TTS terisi atau menyerah (hehe), Klik tombol “Check puzzle” di bagian bawah TTS sehingga skor bisa dilihat.

3. Selesai.. Hehe

Categories
Catatan Kuliah Himapbio

Stand Pameran 3A 2010 (Behind the Scene)

Hallo sahabat semua! Walau pun pameran kemarin telah selesai dilaksanakan rupanya masih terngiang suasana ketika persiapan dan pelaksanaan. Betapa tidak, rata-rata pembuatan stand selesai pukul 10-12 malam, tapi stand kelas 3A selesai paling akhir jam 4 pagi itu pun belum beres sampai membuang sampah-sampahnya. *curhat*.
Memang kami tidak menjadi pemenang dalam kategori stand terbaik, namun saya dan mungkin teman-teman kelas 3A yang lain juga merasa bangga dengan stand yang kami buat, karena semuannya murni hasil kreasi kami tanpa ada campur tangan orang lain di luar warga 3A, seingat saya gitu sih.. Hehe
Persiapan stand tidak dalam waktu singkat, semua kreasi produk dan model yang ditampilkan dalam stand merupakan hasil pengerjaan selama 1 semester, jadi ceritanya pameran ini merupakan tugas akhir mata kuliah pencemaran lingkungan yang tujuannya mengapresiasi hasil karya mahasiswa selama 1 semester.Produk dan model yang dibuat pun tidak bisa langsung dibuat, karena harus melewati tahap-tahap yang sudah disusun mulai dari pembuatan proposal, presentasi proposal sampai laporan harus di ACC dulu oleh para pembimbing dalam hal ini para dosen dan asistennya. 😀
Kalo mau lihat-lihat dokumentasi saat persiapan pembuatan stand kelas 3A, OK deh saya lampirkan ya, ini dia…

Ini foto persiapan waktu masih siang, masih pada semangat.. Hehe
 Ini foto udah agak malem, liat aja di luar jendelannya udah gelap.. 😀
 Ini udah larut malem, tinggal cowoknya aja. Waw..
Ini udah waktunya sahur nih, 90% beres, tapi di sebelah kiri ada sampah yang belum dirapihkan cuma ga difoto.. Hehe
Nah.. Itulah stand kelas 3A dan dokumentasi persiapannya. Mungkin ini memang terakhir kalinya kelas kami turut serta dalam kegiatan stand seperti ini di Unsil. Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat ya..
Categories
Catatan Kuliah Himapbio

Pameran Karya Mahasiswa Biologi Unsil

Ini adalah posting pertama saya di tahun 2013 pada blog ini. Begitu banyak pelajaran berharga yang didapat di tahun 2012. Nah, jadi tahun ini semua harus ditingkatkan. Tapi kalau urusan posting blog yang ditingkatkan wah ga tau yah, ga janji. Hehe. STOP, cukup basa-basinya karena ini bukan posting ajang evaluasi dan proyeksi. Hehe..
Kali ini saya ingin berbagi informasi seputar pameran mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi (lengkap banget tulisannya). Pameran ini diselenggarakan oleh mahasiswa dan pengurus para dosen dan asisten mata kuliah Pencemaran Lingkungan. Pasti sudah ketebak kan apa yang akan dipamerkan? Yup, tentu, sesuai dengan mata kuliahnya produk-produk yang dijadikan bahan pameran di sini adalah produk-produk yang berhubungan dengan pencemaran lingkungan. Tidak sebatas dalam bentuk produk yang bisa dijual, namun hasil karya teman-teman di Biologi Unsil ini juga ada yang berupa konsep pelestarian lingkungan, model-model apa pun dengan konsep ramah lingkungan, dlsb deh. 😀
Kegiatan pameran ini merupakan salah satu upaya mengedukasi warga di luar Pendidikan Biologi untuk lebih mengenal seluk beluk pencemaran lingkungan dan bagaimana mencegah dan menanggulanginya. 
Memang kegiatannya berupa pameran, namun acara di dalamnya tidak hanya itu, tidak seperti di Museum. Hehe.. Panitia juga menyelenggarakan kegiatan Mahasiswa Berbicara dan Kegiatan Kesenian yang keduanya merupakan ajang lomba untuk mahasiswa perwakilan kelas. 
Nah di bawah ini saya sisipkan posternya ya.
 
Semoga semua kerja keras warga Pendidikan Biologi Unsil membuahkan hasil yang juga bisa diraih untuk bekal kelak di hari perhitungan sebagai amal karena telah berusaha mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai alam. Sampai jumpa di Pameran Karya Mahasiswa Tahun 2014. Wah masih lama ya, tapi pasti ga akan terasa. 😀
Salam Lestari! Salam Konservasi!
Categories
Himapbio

Sekilas Danus CCB

Melihat foto-foto ini mengingatkan saya pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kegiatan Cerdas Cermat Biologi. Betapa tidak, waktu itu saya mendapat posisi di bagian Bank Soal, kegiatan dilaksanakan sekitar bulan Februari namun sejak bulan Juli sebelumnya target pertama Bank Soal sudah direncanakan. Saya masih ingat waktu itu target pertama tanggal 31 Juli 2011 Bank Soal harus memberikan laporan pertamanya.
Kini, persiapan saya lebih sedikit mengingat posisi kepanitiaan saat ini saya berada di bagian Dana Usaha. Awalnya saya heran mengapa malah berubah posisi namun pasti ada hikmahnya. Pendanaan CCB tahun 2012 ini menjadi salah satu tanggung jawab saya yang untuk beberapa waktu ke depan tentunya harus senantiasa dilaksanakan dengan penuh semangat. 
Nah, postingan kali ini saya isi dengan langkah kerja yang akan saya lakukan sebagai persiapan dari Danus. Mungkin sebagian di antara pembaca ada yang membutuhkannya, ya…. walaupun tidak ada tentunya sebuah tulisan tidak akan sia-sia karena tentu bagi saya sebagai penulis hal ini akan membantu perencanaan selanjutnya agar lebih matang lagi.
Berikut Strategi Pelaksanaan Tugas Danus :
  1. Penyusunan list perusahaan, lembaga dan donatur.
  2. Pemecahan menjadi beberapa Tim
  3. Nyari Dana.. hehe
  4. Laporan
  5. Berdo’a
  6. Ambil Dana
  7. Pake Dana
  8. Laporan
Hehehe… Kalau ditulis dengan serius rasanya terlalu rumit. Sebagai persiapan, urutan langkah lebih penting dari pada detail pelaksanaan langkah, karena tentunya di tengah perjalanan nanti akan ada banyak masukan dan rencana baru yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan CCB tahun ini. Ah, sekedar opini saja.
Kini tidak terasa tinggal satu bulan lagi menuju pelaksanaan CCB, 4-6 Februari 2013. Saat ini masih berkutat di 7 nomor pertama, jadi ingin cepat ke nomor delapan deh. Hehe..

Sebelum menutup postingan ga jelas ini, saya ingin mohon do’a restu dari para pembaca postingan ini (kalo ada yang baca), semoga Kegiatan CCB ini lancar dari persiapan hingga pelaksanaan bahkan hingga Mumas deh. Aamiin.. (terimakasih yang telah mengamini, semoga jadi amal di hari kelak). 😀

Salam Lestari! Salam Konservasi!