Categories
Story Tips

Manfaat Kantong Ajaib Doraemon

Halo sobat, kamu tahu ngga Doraemon? Bukan kue yang dimakan! Itu kan Dorayaki. Iya, Doraemon si robot kucingnya Nobita, berasal dari masa depan dikirim oleh keturunannya Nobita buat membantu moyangnya (Nobita).. Hehe

Bukan Doraemon atau Nobita nya yang akan saya jadikan topik sekarang, tetapi kantong ajaibnya Doraemon. Siapa yang mau punya kantong ajaibnya Doraemon? Hehe..

Saya punya cerita tentang sebuah tas yang selalu menemani saya kemana-mana. Memang ada 4 buah tas yang selalu jadi andalab saya, tetapi yang satu ini lebih praktis. Kecil tapi bisa memuat kebutuhan penting saya.

Nah, sobat mau tahu tips buat merubah tas sobat jadi kantong ajaib? Kalo mau, lanjutkan membacanya ya. Tapi sebelumnya kita samakan persepsinya dulu. Kantong ajaib yang saya maksud di sini adalah tas yang berisi kebutuhan yang kita perlukan, buat apa banyak isinya kalau ternya tidak kita gunakan. Betul betul betul? Jangan sampai kayak Doraemon yang suka kebingungan mencari alat karena saking banyaknya alat di tasnya.

Nah, tips buat sahabat nih :
1. Tentukan barang yang ingin dibawa, jangan sampai berlebihan dan pastikan keamanannya, jangan sampai mau kamping bawa laptop tanpa pelindung.
2. Pilih tas yang ukurannya sesuai, jangan terlalu kecil sehingga penuh karena bisa merusak resleting, jangan pula terlalu besar kalau isinya cuma sedikit. Kecuali mau bawa oleh-oleh. Hehe
3. Bisa bawa tas kecil di dalam tas besar. Tas kecil dalam tas besar ini nantinya bisa sobat pakai ketika hendak keluar tanpa membawa beban berat tetapi barang kebutuhan bisa terbawa.

Nah itulah sobat kantong ajaib yang saya maksud. Pintar-pintar memilih barang yang dibawa, terutama mahasiswa nih. Jangan sampai tas besar tapi penghapus ga ada, pensil ga ada. Yang dibawa apa dong? Hehe

Sekian dari saya, semoga bermanfaat yah. Mau jalan-jalan dulu nih ke Karang Resik Tasikmalaya. Nanti saya sharibg ya insyaallah tentang Karang Resik nya. Hehe

Categories
Story

Perkenalan Buya Studio

Halo sobat, apakah saat ini sobat menggunakan smartphone android? Jika tidak sebaiknya jangan dilanjutkan. Hhe

Di postingan ini saya ingin berbagi cerita tentang perjalanan saya bersama android. Supaya ceritanya tidak kemana-mana saya kerucutkan maksud android di postingan ini adalah aplikasi android, jadi saya tidak akan bercerita tentang gadget yang saya gunakan yah.

Pertama kali mengenal android, saya belum melihat keistimewaannya, perasaan saya biasa saja. Saat itu saya masih kuliah S1 Pendidikan Biologi. Perkenalan selanjutnya saya melihat kok semakin banyak gadget yang menggunakan android, ada apa gerangan? Ternyata setelah saya cari-cari android itu memiliki banyak aplikasi tambahan yang bisa diinstall secara gratis. Selain itu, sistem operasi android itu sendiri juga merupakan sistem operasi terbuka yang bisa dikembangkan secara bebas, berbeda dengan windows yang harus dibeli. Sehingga tidak akan ada android bajakan. Berbeda dengan windows kan?

Saat itu saya mulai menikamti enaknya bongkar pasang aplikasi android. Begitu banyak pilihan aplikasi yang bisa kita dapatkan di Playstore. Sehingga saya memilih untuk memastikan apa saja aplikasi yang tidak boleh bongkar pasang dan yang boleh bongkar pasang seperti pernah di posting di sini.

Baru setelah saya bertemu dengan istri tercinta, akhirnya saya memutuskan untuk belajar menjadi Developer di Playstore. Walaupun dari SMP-Kuliah saya tidak pernah mengambil jurusan TIK namun tidak menyurutkan niat saya untuk mencoba menjadi Developer di Playstore. Hal itu berkat pengalaman saya dengan Bukalapak yang sudah saya ceritakan di postingan ini. Sehingga alhamdulillah saat ini saya bisa berkontribusi dalam dakwah dan pendidikan lewat aplikasi di Buya Studio. Alhamdulillah.

Categories
Story

Bikin akun Bukalapak duluan tapi sukses belakangan

Halo sobat,

Ada yang belum mengenal Bukalapak kah di sini? Mudah-mudahan tidak yah. Kalau pun masih ada berarti penggalian informasinya harus lebih ditingkatkan. Hehe

Saya punya cerita pribadi soal Bukalapak ini. Dulu, saat sedang jualan jasa aransemen lagu online di Lagubagusku.com (sekarang domainnya sudah tidak ada) saya juga gencar berpromosi di situs Tokobagus.com. Saat itu penjualan lumayan bagus. Kemudian dinamika marketplace di Indonesia terjadi, ada perubahan Tokobagus jadi OLX, munculnya Berniaga, Tokopedia, dsb. dan ada juga Bukalapak.

Saat itu saya juga membuat Bukalapak karena dirasa perkembangannya. Namun, kesulitan yang saya dapatkan saat itu adalah Bukalapak yang tidak bisa digunakan untuk berjualan jasa, karena harus ada barang yang dikirim. Mungkin bisa mengirimkan hasil aransemen lewat CD tapi rasanya malah lebih ribet. Sehingga tidak terpikirkan untuk mencari atau membuat produk fisik yang bisa disentuh. Hehe

Selang sekian lama barulah terasa dan terpikir, coba kalau dulu itu dipaksakan membuat akun Bukalapak yang dipakai sebagai toko online juga. Melihat perkembangan toko-toko di Bukalapak yang luar biasa dalam kurun 2 tahun, jadi pengen kembali ke waktu itu. Tapi life must go on, sehingga yang ada saat ini bukan lah penyesalan tapi semangat untuk bergerak lebih gesit lagi dalam segala hal.

Apakah saya merasa rugi karena itu? Tidak
Kan gara-gara tidak berusaha dari dulu jadi tidak laris sekarang nya? Tidak juga
Jadi saya bersyukur karena suksesnya belakangan? Iya

Saya sekarang berpikir bahwa pengalaman yang saya dapatkan itu justru membuat saya lebih peka dengan peluang-peluang yang ada saat ini. Tentu kepekaan saya ini jangan dibandingkan dengan kepekaan orang lain. Perbandingan kepekaan ini adalah kepekaan saya saat ini dan kepekaan saya saat belum mengalami yang namanya mendiamkan akun Bukalapak.

Sekarang alhamdulillah, ada peluang apa saya ambil, walaupun terkesan tidak mungkin tetapi tetap saya ambil. Karena tidak akan tahu berhasil atau tidak kalau tidak dicoba. Untuk itu, saya sangat bersyukur dengan pengalaman-pengalaman itu yang membuat paradigma saya menjadi seperti sekarang.. Hehe

Categories
Aplikasi Buya Studio

Rak Buku Ustadz Abdul Somad

Halo Sobat,
Alhamdulillah sekarang sudah hadir lagi sebuah aplikasi android dari Buya Studio. Aplikasi ini akan menjadi aplikasi yang berseri, yaitu Seri Rak Buku. Mengapa Rak Buku? Ya, tentu sesuai dengan namanya aplikasi ini didalamnya terdapat beberapa pilihan buku yang bisa langsung dibaca tanpa harus bayar atau download lagi. 
Untuk seri pertama Rak Buku ini bernama Rak Buku Ustadz Abdul Somad.
Di dalam aplikasi Rak Buku Ustadz Abdul Somad ini terdapat 4 buah buku yang bisa langsung sobat baca setelah menginstall aplikasinya. 3 diantaranya merupakan buku asli beliau, sedangkan 1 lagi merupakan hasil penerjemahan beliau dari buku karangan para penulis ternama.
Beberapa judul yang ada di dalam aplikasi ini antara lain :
1. 37 Masalah Populer
2. 77 Tanya Jawab Seputar Shalat
3. 33 Tanya Jawab Seputar Qurban
4. 30 Fatwa Ramadhan (Terjemahan Ust. Abdul Somad, LC. MA.)
Buku yang terdapat di dalam aplikasi ini merupakan buku yang telah diijinkan oleh Ustadz Abdul Somad  untuk dibagikan secara gratis berdasarkan salah satu ceramah beliau.
Semoga kehadiran aplikasi ini membantu kita untuk terus belajar dan berdakwah.
Mohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam aplikasi ini.
Silakan dirating sebagai dukungan dalam pengembangan aplikasi di Buya Studio.
Terimakasih
Categories
Sekolah Story

Kamonesan Sunda SD Baiturrahman Tasikmalaya

Halo sobat.. Alhamdulillah nih kemarin kita sudah selesai melaksanakan kegiatan yang bertajug pelestarian budaya Sunda yang bernama Kamonesan Sunda SD Baiturrahman. Kegiatan tersebut kita laksanakan dari tanggal 12 sampai 13 Desember 2017.

Saya rasa acara tersebut sangat penting untuk saya bagikan, kenapa? Karena manfaat dari acara tersebut sangat besar untuk anak-anak kidsjamannow yang notabene-nya lebih terbuka dengan budaya barat. Bagaimana tidak? Anak-anak sekarang itu permainannya tidak lepas dari gadget, baik itu smarphone, tablet, laptop, dsb, tetapi hampir tidak mengenal permainan tradisional. Sobat di sini masih ingat ngga permainan apa saja yang dulu sering kita mainkan? Apa jangan-jangan main gadget juga. Hehe
Beberapa permainan yang ditampilkan, disediakan dan dimainkan oleh para peserta Kamonesan Sunda diantaranya :
  1. Pecle
  2. Baren
  3. Congklak
  4. Gobag
Adapun makanan atau kadaharan yang disediakan di acara tersebut itu gratis, tanpa dipungut bayaran. Jadi semua peserta dan tamu yang hadir mendapatkan 2 kupon yang bisa ditukarkan bebas dengan makanan apa saja yang disediakan oleh panitia dan oleh pedagang yang sudah didatangkan oleh panitia. Beberapa makanan yang disediakan di Kamonesan Sunda SD Baiturrahman Tasikmalaya di antaranya :
  1. Cocorot
  2. Karedok
  3. Bugis
  4. Cendol
  5. Kelepon
  6. Bajigur
  7. Goyobod
  8. Combro
  9. Gegetuk
  10. dsb
Selain menyediakan wahana permainan dan kadaharan, acara Kamonesan Sunda tersebut juga menyediakan spot khusus untuk selfie. hehe. Tentu area untuk berfoto tersebut didesain se-sunda mungkin. Dalam rangkaian acara hari ke-dua juga ditampilkan berbagai kesenian sunda, mulai dari angklung, calung, teater musikal KH. Zaenal Mustofa, tarian sunda, paduan suara sunda, degung, penayangan video sejarah Tasikmalaya, dsb. Tidak lupa juga sarana untuk meningkatkan percaya diri generasi Sunda, yaitu dengan dilombakannya berbagai permaian atau kaulinan Sunda.
Sebagai generasi muda, tentu kita harus terus menjaga kelestarian kebudayaan Sunda ini. Yang terlampau muda saja menjaga budaya lewat kamonesan Sunda, masa yang sudah tua tidak menjaga. Hehe
Sekian artikel saya, semoga bermanfaat. Kalau dirasakan manfaatnya jangan lupa di share yah. Hatur nuhun.