Categories
Story

Perjalanan Pretest PPG

Halo sobat Jejak Mahasiswa. Diantara sobat pembaca apakah ada yang berprofesi sebagai guru? Kalau iya tentu tidak asing lagi dengan istilah sertifikasi guru. Bahkan sobat yang non-guru juga sepertinya tahu istilah itu.

Sertifikasi guru merupakan penataan kompetensi guru, dengan demikian guru yang tersertifikasi merupakan guru yang profesional secara program. Akan tetapi, patokan yang paling utama menurut saya mengenai profesionalisme guru dilihat dari semangatnya untuk terus belajar dan mengajar.

Beberapa bulan yang lalu, saya mendapat informasi mengenai adanya undangan untuk mengikuti seleksi calon peserta PPG gratis. Saat itu saya tertinggal informasi tersebut, namun alhamdulillah masih banyak waktu untuk mendaftar dan mengupload ijazah.

Sekian minggu saya menunggu informasi selanjutnya, padahal biasa saja sih tidak terlalu menunggu. Akhirnya ada informasi mengenai jadwal tes dan tempat tes. Saat itu saya mendapat jadwal tes di SMP Negeri 1 Tasikmalaya.

Ketika tes dimulai, rasanya tidak deg-degan ataupun grogi, karena memang itu adalah tes ke 3 dalam kurun waktu 3 tahun mengajar di SD Baiturrahman Tasikmalaya, yaitu setelah sebelumnya 2 kali mengikuti tes UKG. Lumayan kan adanya pengalaman itu membuat kita menjadi lebih tenang.

Kemudian tibalah saatnya kami melaksanakan tes. Sama seperti tes UKG sebelum-sebelumnya menggunakan sistem CAT, melalui komputer. Namun rasanya ada peningkatan tingkat kesulitan soal. Sehingga, saat kami keluar dari ruang tes semuanya merasakan hal yang sama. Kesulitan soalnya meningkat.

Alhamdulillah saat sedang tes saya mengupayakan untuk bisa mengerjakan semua pertanyaan. Tidak banyak yang dikosongkan. Walaupun belum yakin bisa lulus setidaknya saya sudah merasakan usaha yang lebih dalam mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Nah, baru hari kemarin ternyata rekan-rekan guru yang lain sudah mengetahui hasil ujian tersebut. Langsung banyak yang bertanya tentang hasilnya kepada saya, padahal saya baru mengetahui bahwa hasilnya sudah diumumkan.

Sekarang rasanya deg-degan karena penasaran ingin mengetahui hasilnya. Saat itu saya guru terakhir di sekolah yang belum mengetahui hasilnya, otomatis terasa penasarannya.

Saat ingin melihat hasil tes, kita diharuskan memasukan NUPTK atau nomor peserta tes. Masalahnya, saya belum mendapat NUPTK dan nomor peserta tes tidak ada. Akhirnya setelah mencari di rumah saya menemukan kunci pusaka untuk mengetahui hasil pretest tersebut, yaitu kartu peserta yang ada nomor pesertanya. Saya sebut pusaka karena ketika ditemukan memang dalam keadaan mengenaskan seperti kertas yang sudah lama. Hehe

Akhirnya tibalah saatnya saya memeriksa hasil. Saya buka melalui HP ditemani sang kucing yang suka ada di rumah, ternyata alhamdulillah di sana saya dinyatakan Lulus pretest. Selanjutnya saya masih harus melewati proses yang unpredictable, semoga apa pun itu hasilnya yang terbaik yang paling maslahat. Aamiin

Sekian postingan kali ini. Saya tuliskan ini untuk berbagi dan menyimpan pengalaman dan kenangan. Hehe

Categories
Aplikasi Story Whaff

Whaff – Bisnis Online Mudah Terbukti Membayar

Apakah sobat sudah mengikuti bisnis online? Sayang sekali kalau akses internet sudah ditangan tetapi belum dicoba untuk usaha yang menghasilkan uang sob.

Memang awalnya usaha yang kita tekuni akan terasa sangat berat, bahkan akan ada saatnya juga kita kehilangan kepercayaan terhadap apa yang sebelumnya kita yakini dan kita usahakan. Itu sangat wajar, jika sunatullah itu tidak ada mungkin semua orang akan sukses semua, tidak ada orang yang dibawah, semua jadi atasan.

Nah, kalau sobat sudah masuk diaplikasi WHAFF coba lihat di menu Ranking, di sana sobat bisa melihat 20 orang yang memiliki penghasilan whaff terbesar. Beberapa dari Indonesia. Bahkan posisi kesatu dan kedua ada Ryo Dito dan Bagas Pramudita.

Saya juga penasaran ingin mengetahui bagaimana Ryo Dito membuat strategi bisnis whaff nya. Tetapi, yang pasti adalah beliau melakukan promosi dengan banyak cara dan melalui banyak pintu. Tidak ada sukses yang instan, tetapi ada yang mudah dijalankan. Salah satunya melalui WHAFF ini.

Buat sobat yang mau daftar, jangan ikut-ikutan berpromosi kode undangan lewat komentar di playstore. Memang itu sangat mudah, tetapi itu melanggar peraturan yang dikeluarkan oleh WHAFF. Merugikan whaff karena membuat whaff terkesan scam, padahal jumlah downloadnya sudah 10 juta lebih. Selain itu juga merugikan sobat, karena akan menyulitkan saat pencairan dana bahkan bisa diblockir.

Cara paling aman adalah sobat masukan kode undangan dari seseorang yang memang mengundang sobat. Karena tidak akan ada yang dirugikan bahkan keduanya sama-sama akan mendapatkan $ 0,3. Begitupun ketika sobat mengajak yang lainnya juga akan mendapatkan yang sama.

Cara aman lainnya adalah berpromosi di banyak tempst, kecuali di dalam komentar aplikasi Whaff di Playstore.

Untuk sobat yang mau daftar silakan masukan kode undangan ini yah JB24424.

Jika saat daftar tidak memasukan kode undangan, maka tidak ada kolom lagi untuk memasukan kode setelah terdaftar, jadi harus di awal pendaftaran.

Sekian postingan kali ini, semangat dan banyak berdo’a. Semoga usaha kita seperti bang Ryo Dito dan Bagas Pramudita. Aamiin

Categories
Aplikasi Story Whaff

Ternyata WHAFF memang membayar

Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng daftar sebuah program bisnis di aplikasi android, yaitu WHAFF. Sebelum mendaftar tentu saya searching terlebih dahulu, dan hasilnya cukup meyakinkan saya untuk mendaftar.

Setelah saya mendaftar ternyata memang benar ada transfer saldo sebesar USD 0,3 setelah memasukan sebuah kode. Bahkan saya lihat mereka mendepatkan sampai USD 25.000. Waduh kalau kurs 1 USD ke IDR 13.500 berarti 25.000 x 13.500 = Rp 337.500.000.
Awalnya saya bingung, ini lerusahaan bisa bayar begitu besar dari mana keuntungannya? Tapi ternyata keuntungannya itu dari iklan yang dipasang perusahaan lain. Sebagian keuntungannya diberikan kepada kita yang telah membantu mempromosikan iklan klien WHAFF.

Konsep WHAFF ini sangat bagus, namun sayang sekali banyak pengguna yang melanggar peraturan tetapi tidak menyadari bahwa dia telah melanggar aturab, sehingga ketika hendak mencairkan dana mendapat kesulitan dulu.

Jangan sampai sobat menginvite orang lain melalui komentar di Playstore karena itu melanggar. Sebaiknya sobat masukan kode dari orang yang sobat percaya.

Nah. Setelah menginstall pasti diminta untuk daftar melalui facebook dan memasukan kode teman yang mengajak. Setelah itu, sobat dan teman sobat yang mengajak masing-masing akan mendapatkan $ 0,3 sekitar Rp 3.500.

Jika sobat mengundang teman yang lain, akan muncul tulisan seperti saya di bawah ini saat mengundang sobat :

[WHAFF]
Budi Rachmat Kurniawan sudah mengundang anda ke WHAFF! Download WHAFF, masukkan kode undangan : [ JB24424 ] dan dapatkan $0,300!!!

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whaff.whaffapp

Nah, buat promosinya santai saja ya sobat karena selain dari promosi kita juga akan dapat komisi dari iklan dan aplikasi yang kita lihat. Jangan frustasi dengan komisi, rejeki sudah ada bagiannya. Kita hanya berproses dengan cara yang halal.

Semoga sukses ya usahanya. Aamiin

Categories
Story

Merakit alat listrik – DIY memang lebih murah

Halo sahabat jejak mahasiswa. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu metode mendapatkan barang apapun dengan harga yang murah. Mau tau bagaimana caranya? Baca terus artikelnya yah sobat.

Hari ini seperti Sabtu biasanya merupakan family time bagi saya. Libur mengajar, libur berorganisasi, setengah libur buat berdagang online, tetapi bekerja untuk berkarya dan berhobi. Tentunya karya dan hobinya tidak boleh sampai mengganggu family time.

Kalau tidak bepergian keluar, saya seringkali memanfaatkan hari sabtu ini untuk membuat sesuatu. Mau hobi, karya sesuatu, atau yang mendukung usaha berjualan blazer korea. Kebetulan hobi, usaha, dan karya yang saya senangi dan geluti bisa digabungkan satu sama lain. Hehe

Sobat pernah mendengar istilah DIY ngga? Bukan nama daerah yah, Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY yang saya maksud adalah Do It Yourself, jadi mendapatkan sesuatu dengan cara membuatnya sendiri, bukan dengan membeli. Nah, apa saja yang bisa kita buat sendiri, memangnya kalau kita ingin laptop baru bisa membuatnya sendiri? Jawabannya bisa ya, bisa tidak. Tergantung diri kita sendiri. Sudah banyak kok orang yang dengan senang hati mau berbagi tutorial membuat sesuatu, bahkan merangkai laptop. Jangan-jangan sobat jadi tertarik membuat blazer korea sendiri yah? Biar bisa membuat blazer model terbaru. Hehe..

Beberapa hari yang lalu saya dan istri menemukan bahwa terminal listrik di rumah kabelnya pada rapuh. Kemudian kita putuskan untuk memperbaikinya. Ketika membeli bahan ternyata harga total bahan dan harga terminal listrik yang sudah jadi relatif sama harganya.

Hari ini dijadwalkan untuk merangkai bahan yang sudah dibeli. Hasilnya, ternyata bisa jadi 2 terminal listrik dengan kabel yang lebih panjang dibanding produk yang sudah jadi. Ternyata masih ada juga sisa kabelnya yang hampir masih setengahnya. Jadi masih bisa menjadi 4 terminal listrik. Lumayan kan? Harganya sama dengan 1 yang sudah jafi, tetapi dengan DIY bisa jadi hampir 4 terminal listrik. Itulah keuntungan metode DIY. Apalagi kalau bikinnya sambil ditemani kue brownies DIY nya istri tercinta. Hehe

Categories
Aplikasi Buya Studio Software

Rak Buku Panduan Beasiswa

aplikasi panduan beasiswa
Aplikasi Android – Rak Buku Panduan Beasiswa
Kabar baik untuk sobat Jejak Mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Kuliah ke luar negeri? Ya, kuliah ke luar negeri. Bukan sekedar untuk bergaya karena bisa kuliah di luar negeri, tetapi karena memang ilmu terbaik yang dibutuhkan memang hanya tersedia di luar negeri itu. Ibaratnya kita ingin membangun Indonesia, tetapi ilmu untuk membangunnya itu masih terkumpul di negara yang kita akan tuju, tentu kita harus datang dulu ke tempat ilmu itu berada sehingga selanjutnya kita bisa membangun Indonesia dengan ilmu yang telah kita dapatkan.
Apa kabar baiknya? Kabar baiknya adalah sobat dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jangankan untuk mendapat beasiswa ke luar negeri, untuk pergi keluar rumah saja ada ilmuya, ada do’a dan adab yang harus kita ketahui. Apalagi untuk pergi ke luar negeri. Suatu tempat yang belum pernah kita datangi, belum kita kenal. 
Peluang untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri itu harus sobat dapatkan dengan belajar ilmunya. Ilmu dari pengalaman orang lain dan ilmu dari pengalaman sobat ketika berjuang nanti. Nah, di sini saya ingin berbagi sebuah aplikasi panduan beasiswa. Tepatnya panduan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Dari aplikasi ini sobat akan menerima motivasi yang bertubi-tubi sehingga jangan salahkan saya kalau sobat jadi ngotot ingin pergi kuliah ke luar negeri. Selain itu sobat akan mendapatkan tips dan trik mempersiapkan ujian untuk mendapatkan beasiswa, ilmu dari pengalaman para peraih beasiswa, ilmu tentang lingkungan negara-negara yang menjadi tujuan beasiswa, dsb.
Ya, nama dari aplikasi panduan beasiswa tersebut adalah Rak Buku Panduan Beasiswa. Dari namanya saja rak buku, tentu isinya adalah berbagai buku atau tumpukan buku ya. hehe.. Nah begitu juga aplikasi ini terdiri dari berbagai buku pilihan yang akan mendukung perjuangan sobat dalam meraih beasiswa. Baca tuntas setiap bukunya. Berawal dari ketuntasan sobat membaca bukunya menunjukkan keseriusan sobat untuk meraih beasiswa itu.
Oh iya, versi android yang mendukung berjalannya aplikasi ini adalah android versi 4.1. Coba saja dulu diinstall sebagai bukti perjuangan sobat. Jika memang tidak terbuka berarti harus diupgrade terlebih dahulu androidnya. 
Kelupaan… Di mana sobat bisa mendownloadnya? Tentu dari Playstore. Nah supaya lebih mudah, berikut saya berikan linknya. Silakan klik di sini atau klik gambar yang ada pada postingan ini.
Sekian yang bisa saya share di posting ini. Selamat berjuang sobat. Semoga kita senantiasa mendapatkan yang terbaik menurut pandangan-Nya. Aamiin
Categories
Story Wisata

Wisata Baru di Tasikmalaya Karang Resik

Halo sobat, ada yang sudah pernah ke Tasikmalaya? Atau emang yang baca ini kebanyakan orang Tasik yah?
Sekarang-sekarang ini lagi ramai orang-orang membicarakan sebuah tempat wisata lama yang diperbaharui, yaitu Karang Resik. Karang Resik ini memang bukan tempat wisata yang baru, tetapi sudah ada sejak lama namun sempat sepi dan berhenti untuk sekian tahun, hanya digunakan untuk tempat perkemahan, dan kegiatan lainnya yang jauh dari kata wisata.
Pada bulan Desember kemarin, tempat wisata Karang Resik ini kembali menjadi sorotan utama untuk warga Tasikmalaya dalam kategori tempat wisata kekinian, jaman now. Hal tersebut sangat wajar karena setelah sekian lama tempat wisata Karang Resik ini tidak terdengar kemudian terlihat oleh warga terdapat pembangunan di dalamnya, bermula dari terlihatnya tower dan bangunan tinggi di dalamnya serta ditanamnya tumbuhan yang tinggi sehingga menarik pembicaraan warga Tasik.
Tidak hanya ramai dari mulut ke mulut, bahkan pembicaran tentang Karang Resik pun ramai dari jempol ke jempol alias share di dunia maya. Terutama saya pertama kali melihat tayangan view Karang Resik itu lewat video instagram, dan itu memang sangat indah. Saya sewaktu SMP pernah mengadakan perkemahan di tempat itu, dan sekarang saat melihat videonya menjadi pangling.
Alhamdulillah pada tanggal 31 Desember 2017 kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi Karang Resik tersebut sehingga bisa berbagi dokumentasi bersama sobat semuanya. Sebelum berbagi foto, saya ingin membagi informasi seputar apa saja yang ada di tempat wisata Karang Resik Tasikmalaya tersebut, diantaranya :
  1. Taman Air
  2. Labirin
  3. Kebun Binatang Mini
  4. Rumah Makan
  5. Tempat Jajan ala Tasik
  6. Taman Bunga
  7. Viking Land 
  8. Arena Outbond
  9. Tempat makan keluarga
  10. dsb (soalnya belum semua sempat saya kunjungi)
Nah, buat yang dulu sempat mengunjungi Karang Resik, akan sangat berbeda kan dengan sarana yang ada sekarang?
Sayangnya sekarang sudah selesai liburan sekolahnya yah, tetapi buat yang penasaran untuk mengunjungi Karang Resik, dekat kok lokasinya karena ada di jalur lintas provinsi. Tepatnya di perbatasan antara Ciamis dan Tasik. Kalau sobat yang dari arah Bandung ke Tasik, nanti ambilnya jalan yang ke Ciamis supaya lebih dekat daripada menyusuri daerah Tasikmalaya dahulu. Lah sekarang kan sudah gampang mengakses Google Map. hehe
Jangan lupa bawa kamera juga yah, aduh mana mungkin lupa sekarang kan di Handphone sudah terpasang kamera yang mumpuni. Oh ya, yang penting nih tiket masuknya itu 15.000 per orang, dan di dalamnya ada yang harus bayar lagi ada yang tidak, tergantung wahana apa yang dikunjungi.
Yah, rupanya sekian yang saya share saat ini, karena sudah malam, ikan harus bobo. Hehe.. Sebelum beranjak silakan sobat lihat-lihat sebagian dokumentasi saya ini yah, nanti mudah-mudahan bisa saya sharekan juga di channel youtube dan tempat lainnya. Apa tempat lainnya itu? Ikuti terus update-an saya pokoknya yah. Danke!



Itu cuma lokasi Labirin dan sekitarnya aja yang dikunjungi yah. 🙂
Categories
blazer korea Story

Produk Ajaib Blazer Korea

Blazer Korea
Blazer Korea
Halo sobat, apakah sobat sedang, pernah, atau akan jualan online?

Buat yang sedang jualan online saya ucapkan selamat yah, soalnya sobat sudah memiliki peluang besar untuk sukses. Seperti saya yang sedang mengharapkan sukses lewat jualan “blazer korea” hehe
Kita tahu bahwa untuk berjualan secara offline lebih banyak membutuhkan modal yang besar untuk sarana dan prasarananya, berbeda dengan toko online yang cukup bermodalkan akun digital, baik itu website, marketplace, atau social media. Tetapi, walaupun bermodal lebih sedikit ternyata tidak semudah itu untuk mulai berjualan. Sehingga sangat layak saya ucapkan selamat kepada sobat yang sudah berjualan. Teruslah istiqomah sampai sukses itu diraih.
Nah, buat yang sudah jualan online coba deh sobat lihat apakah ada 1 produk ajaib? Produk ajaib yang saya maksud adalah produk yang tidak disangka-sangka dengan perlakuan yang sama tetapi menghasilkan konversi yang luar biasa. Sedikitnya saya ada 2 produk yang seperti itu, yaitu :
1. Blazer Korea Merah
2. Blazer Korea Putih

Entah apa yang membuat mereka menjadi luar biasa, bahkan di salah satu toko online saya cuma mereka yang merajai. Walaupun toko saya tutup untuk libur, tetap ada yang menanyakan mereka.
Mungkinkah ada kaitannya dengan bendera merah putih? Secara kan saya dulu tahun 2008 menjadi pengibar sang merah putih di tingkat Jawa Barat. Entahlah, yang jelas ada yang spesial dengan produk yang 2 itu.
Terakhir, sekalian sambil promosi yah. Buat sobat yang membutuhkan blazer korea seperti yang saya ceritakan tadi silakan kunjungi toko online saya yah, di bukalapak namanya Divafesyen atau Budi Olshop atau di Shopee namanya abuddy26. Kok beda-beda yah? Hehe sebetulnya di Bukalapak ada satu tapi saya pakai 3 nama itu, di Shopee juga 1 akun tapi karena masih baru saya baru pakai satu nama itu belum berganti-ganti berbeda dengan di Bukalapak sering berganti nama, yang penting kualitas produknya sama. Harusnya, pakai merk aja yah jangan pakai akun? Hehe..