Sisko di SD Baiturrahman

SISKO adalah kependekan dari Sistem Informasi Sekolah. Namun dalam arti yang lebih spesifik, SISKO di SD Baiturrahman merupakan sebuah platform pendidikan yang berasal dari sebuah perusahaan dalam bidang pendidikan yang memberikan kemudahan bagi pengelolaan informasi di sekolah. Kemudahan apa saja yang didapat dari SISKO?
Pertama, kemudahan bagi sekolah itu sendiri. Dengan adanya SISKO maka administrasi yang ada di lembaga sekolah menjadi lebih tertata rapi, mudah diakses dan tidak memakan banyak tools. Keberadaan SISKO dapat mendukung pengabsenan katering, memperkuat komunikasi dengan guru, promosi sekolah , dan masih banyak lagi.
Kedua, kemudahan bagi guru. Sebagai seorang guru, saya merasakan harus adanya peran teknologi dalam pendidikan. Arus teknologi di anak-anak SD saat ini begitu terasa sulit untuk dibendung. Berbagai aturan mengenai penggunaan gadget sudah dilancarkan, namun tetap belum mampu mengakomodasi sebagian anak yang terlanjur dekat dengan gadget. Seringkali saya merasa khawatir ketika mereka dikekang tanpa gadget di SD dan ketika SMP justru lepas dari kontrol, maka usaha di SD itu terasa sia-sia walauoun hakikatnya tidak demikian. Maka dengan adanya SISKO ini akan membantu guru dalam melatih dan memberikan contoh sebagai pengguna teknologi yang bermanfaat, selama ini anak-anak kita jarang melihat penggunaan teknologi yang bermanfaat secara nyata di lingkungannya, sehingga rasa penasaran mereka lampiaskan dengan game online.

Selain untuk melatih dan memberikan contoh penggunaan gadget atau teknologi yang benar, SISKO juga banyak mempermudah guru dalam melaksanakan tugasnya. Guru dapat memasukan nilai langsung dari smartphone atau laptop, memberikan laporan secara realtime mengenai hasil belajar santrinya secara otomatis ketika menginput nilai di kelas. Masih banyak lagi kemudahannya, pengabsenan online, bahkan tugas administrasi guru seperti program tahunan, program semester, silabus dan RPP dapat disusun dengan lebih efisien. Oh iya, data santri pun sudah otomatis terinput. Padahal biasanya guru harus menulis ulang data santri. Jadi seolah-olah databasenya diisi oleh rame-rame mulai dari guru, TU, yayasan dll dan penggunaannya digunakan sesuai kebutuhan pengguna, jadi menghemat waktu daripada beberapa kali menulis data. Sekali input data santri, maka bisa digunakan di absen kelas, absen katering, daftar nilai, bahkan langsung masuk ke dalam raport.
Ketiga, kemudahan untuk orang tua. Dengan adanya SISKO maka orang tua akan lebih mudah melihat perkembangan anandanya. Setiap kali nilai masuk, maka orang tua akan mendapatkan notifikasi. Notifikasi yang didapat oleh orang tua adalah spesifik, sehingga nilai anaknya tidak akan tersebar ke orang tua yang lain. Selain itu berbagai notifikasi dan pelaporan bisa dilakukan hanya melalui satu aplikasi SISKO. Jika biasanya menggunakan grup whatsapp atau status di media sosial, maka dengan SISKO orang tua akan langsung mendapatkan informasi pengumuman, bahkan hingga perkembangan anandanya.
Rasanya tulisan ini begitu sempit karena masih sangat banyak fitur-fitur yang belum tergali dari SISKO itu sendiri. Fitur manajemen keuangannya, penilaianya, kartu absen, scan QR untuk jajan, saldo SISKO, perpustakaan, kesehatan santri, konsultasi, chat, dll. Semoga apapun jalannya, usaha kita dalam memajukan pendidikan dicatat oleh Allah Swt sebagai amal sholeh. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *